Senin, 29 Agustus 2011

Mengatasi Tombol Keyboard Error di Notebook atau Laptop


Pakai keyboard di notebook atau laptop seringkali menjengkelkan.  Ketika sedang asyik mengetik, tiba-tiba kursor loncat kesana-kemari,  kalau tidak hati-hati dan teliti jadi kacau kan? Juga bila saat itu juga sedang fbkan, tiba-tiba kursor nyelonong kemana-mana.  Ada lagi, ketika kita tekan tombol U yang keluar angka 4, kita tekan tombol i yang keluar angka 5. Hahaha… jadi sebel kan? . Lantas adakah solusinya?

Tampaknya kecenderungan keyboard yang “ngaco” model begini ini  terjadi pada hampir semua jenis laptop atau notebook, bahkan mungkin semua laptop dan netbook . Baiklah ini solusinya.

Langkah termudah adalah menggunakan keyboard eksternal. Jadi beli  aja keyboard untuk PC Desktop, kalau merasa risih karena kegedeaan ada kok keyboard eksternal yang berukuran kecil, tinggal pilih aja. Tentu saja pilih keyboard yang USB jangan yang PS2. Dijamin deh gak ada lagi kursor yang suka loncat dan nyelonong kemana-mana, silakan ngetik ngebut dijamin aman. Saya sendiri selalu pakai keyboard eksternal kalau mau mengetik cukup banyak. apalagi keyboard laptop atau netbook agak rentan alias gampang rusak, mengetiknyapun harus pelan, demikian pula menekan tombolnya pun harus lunak tidak boleh terlalu menekan, kalau tidak akan cepat rusak. kadang bunyi teet teet teet, kadang kursor berjalan sendiri atau mengeluarkan huruf yg sama beberapa kali. kalau sudah begini siap ganti aja deh keyboardnya, sayang harganya masih mahal. Solusi termudah ya itu tadi, beli keyboard eksternal.

Akan tetapi jangan gembira dulu, seringkali ketika habis pakai keyboard eksternal, setelah keyboard kita cabut dan kita guna kan keyboard bawaan laptop  ada yang berubah: ketika kita tekan tombol  m, j, k, l, u, I, o yang muncul adalah angka 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6. Nah lho… jadi repot lagi kan? Jangan panik, ini berarti terjadi pertukaran tombol fungsi Fn.  Tombol Fn ini memang hanya ada pada keyboard di notebook atau laptop.

Kembali kecara mengatasi fungsi tombol Fn yang terbalik secara tak sengaja, begini caranya tekan aja tombol Fn tahan dan jangan dilepas, lalu tekan tombol fungsi numeric.  Tombol numeric ini kalau di laptop q sih berada di deretan paling atas sejajar dengan tombol fungsi F1-F12, bertuliskan Insert dan NumLK. Setelah itu lepaskan kedua tombol tersebut.  Sekarang coba tekan tombol  u, kalau masih muncul angka 4 berarti belum berhasil, ulangi sekali lagi.
Pada intinya fungsi tombol ini mirip tombol caps lock, ditekan sekali berubah menjadi huruf capital, ditekan lagi tombol capslock  berubah kembali ke huruf kecil.

Nah, gimana, ada masukan? Usulan? Tanggapan? Q tunggu…. Thx.

276 komentar:

  1. Assalam...
    terima kasih banyak bang wahid, Jazakumulloh khoir.. akhirnya tombol notebooknya kembali normal

    By Warman Sulteng (Tolitoli)

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. .thanks puoll boz..
      .hhai .keybrd q smbuh tnp klinik.
      ..nwun ms.bro

      Hapus
  3. hehehe... q dulu juga gitu mas. aku bawa ke tempat servis eee... cuma ditekan-tekan saja beberapa saat beres. aku tanya gimana caranya? eh, gak dikasih. maka ketika terjadi hal yang sama seperti itu lagi, q gk mau lagi bawa ke servis, pakai ilmu try and try aja... wah ternyata berhasil. alhamdulillah.

    BalasHapus
  4. bang saya netbok samsung g ada numeriknya,, g bisa bang,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. netbook toshiba juga begitu gk ada tombol bertuliskan nuberic, tetapi ada tombol yaitu F11 yang bergambar papan angka (numeric) ya itu tombol numericnya. Coba ada cek di laptop/netbook Anda di tombol F11 atau mungkin di tombol f12. selamat mencari.

      Hapus
  5. terimakasih infonya bang.... ni laptop ku normal lagi... thx udah bersedia bagi2x ilmu bagi kita-kita yang newbie :)

    BalasHapus
  6. Kalau saya lain lagi pak masalahnya,kalau ketik @ yang keluar malah " dan baerlaku sebaliknya..mohon petunjuknnya ya Pak..Terima Kasih Pak..Salam Kenal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aja pakai keyboard eksternal, kalau normal berarti ada yg eror di keyboard laptop Anda. Bisa ganti keyboard deh, lumayan menguras isi kantong. Tapi coba install lagi dulu, format hardisknya, sebab bisa jadi kesalahan ada di windowsnya.

      Hapus
  7. huwa..thanks gan..dah frustasi gara-gara keyboard lappy yg error..akhirnya ketemu jawabannya disini...makasih makasih

    BalasHapus
  8. lg nungguin bokap di RS, iseng sambil bawa netbook tapi , keybortnya eror seperti yang di bahas, ga tau caranya terpaksa bawa keybort external, sambil brosing cari solusinya eh setelah lama mencari ternyata ketemu juga jalan keluarnya...thanks gan atas info dan ilmunya

    BalasHapus
  9. sama-sama mas, mga ayahanda lekas sembuh

    BalasHapus
  10. SALAM KENAL ,
    Saya mau nanya n mas , notebook saya ko ga dipencet suka mencet sendiri si mas yatu tombol " 9 , / , 0 " dan tombol " m " nya jga kadang ga muncul kalo di pencet , menrut mas itu kenapa ya ? karna sampe sekarang msh ky gitu dan itu pastinya jengkelin banget mas & tolong beri solusinya juga ya mas . oya kalo bisa jawabnya kirim lewat emil saja ya mas " clatiful.co.id" tapi klo mo jwb di sini jga ga papa ko .
    sekian terimakasiya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg pasti keyboardx gk da hantunya kan? hehehe. Kadang emang gitu, ini terjadi karena terlalu keras dlm memenjet tombolx, keboard laptop emang gk kayak PC, mencetx gk perlu keras2. solusi awal coba pakai keyboard eksternal, kalau gk eror berarti keyboard laptop yg eror. kalau keyboard eksternal eror jugaor juga berarti windowsx yg eror, jadi install ulang. Keyboard laptop paling hrga sekitar 350-750 rb an. Dugaanku sih, keyboard laptop anda eror, jadi ganti keyboardlah. tapi kalau bisa coba bongkar dulu deh, siapa tau banyak debu atau benda kecil masuk di keyboard.

      Hapus
  11. toolooongin saya dunk...
    gimana caranya setting boot biar pembacaan pertama tu CD, tp tanpa masuk bios dulu??
    atau cara buat bobol password bios saya?
    laptop saya acer 4750G

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya ketika laptop baru dihidupin ada 2 pilihan, satu masuk ke settingan biosnya dan yang satunya lagi mengganti bootingnya dari mana, tinggal pilih pilihan ke dua aja, tombolnya berbeda setiap laptop. kalau gagal juga dan mau membobol password bios, cari artikel di google dengan kata kunci reset bios password for acer 4750G. atau coba kunjungi: http://www.hong.web.id/tutorial/cara-me-reset-password-bioscmos-komputer/
      smoga bisa membantu.

      Hapus
  12. klau laptop q pernah nyoba mas, mungkin hampir sama kayak pc pake mindahin jumper atau lepasin batre cmos, bawa ke tempat service ajalah kalau gk pingin byk resiko atau coba nanya mbah geogle ntar pasti banyak sekali webblog yg ngupas maslh pasword bios ini, maaf.

    BalasHapus
  13. mas, terima kasih banyak nih, aku lagi ngejar dateline data, kemarin frustasi banget, eh akhir nya ketemu juga di blog ini solusinya, sekali lagi terima kasih mas, salam kenal Irwan :)

    BalasHapus
  14. makasih ya,makasih makasih makasih,aku hampir dimarahin,untuk ada blog agan thanxs ouvery much

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. terimakasih ya atas informasinya....
    aku sempat panik tadi....

    BalasHapus
  17. makasih bangaet ,skarang key board ku gak terbalik lagi...
    tanks

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah akhirnya Laptop q normal lagi berkat membaca blog akhi wakhid Rosyidi yang semula saya rasa rusak eh gk taunya ternyata memang salah pencet FN+NumLKnya, sukron katsir ya akhi tas bantuannya>>>>

    BalasHapus
  19. aq juga baru mengalami masalah seperti itu

    makanya sekarang lagi cari solusi OL pake ke warnet.

    ok deh pulang trs nyoba Fn+num LK

    tkhs b4

    BalasHapus
  20. makasih infonya, tadi coba buka email kok gak bisa-bisa. passwordnya gak sesuai, ternyata masalah di numlock.

    BalasHapus
  21. kok saya ga bisa y d netbook....?? tolong bantuanya

    BalasHapus
  22. om mohon solusi@.. tombol laptop aq cuma satu yg g mau saat di pencet,, aq pake laptop toshiba l645 om. . . tlong om gmn cra@.. asal kan g perlu ganti.. hehehee
    makasii oomm . . . :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba buka aja (tapi bsa balikin kan) mungkin ada debu atau benda kecil yg nyangkut. Jangn lupa ambil dulu baterainya. kalau ragu, bwa ke service.

      Hapus
  23. terima kasih banyak kak akhirnya bisa juga aku sampe binggung

    BalasHapus
  24. makasih gan,,bagus banget nih

    BalasHapus
  25. tara renk yu gan..
    pas dapat masalah..
    dapat jawabannya langusng

    orang sebaik anda dua kali masok sorga deh..

    ty

    BalasHapus
  26. mantap banget infonya..., padahal tak kirain mang rusak tuts notebooknya, pake lg externalnya, ribet amat, tp sekarng aman, berkat infonya mas wahid, maksih ya...

    BalasHapus
  27. thank bro atas tipsnya.......tipsnya maknyooos langsung normal

    BalasHapus
  28. pak kalo ngebuka keyboard netbook gimana ? saya pake asus eepc, tapi tombolnya sebagian nggak jalan !!

    BalasHapus
  29. makasih gan..
    sy sempat pukul" keyboard sy
    ehh,, tau" msalahnya spele..
    makasih bnyak gan..

    BalasHapus
  30. SALAM, GAN..
    ANE PUNYA LAPTOP. LAPTOP ANE BERI PASSWORD, TAPI PAS MAU NGETIK PASSWORD KOK TOMBOL-TOMBOL KEYBOARDNYA NGGAK BERFUNGSI (ALIAS NGGAK KELUAR KATA PAS DIKETIK. GIMANA YA GAN SOLUSINYA?..

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba restart lagi... tekan ctrl+alt+del atau tekan aja power sampai mati, lalu hidupin lagi tekan tombol f2 untuk masuk bios, kalau bisa ya insyaallah gk ada masalah tuh dg keyboard, kalau gk perlu cek apa keyboard terlalu bnyak kotor, kadang juga berjamur kalau lama gk dipakai. biar gk resiko bwa ke srvice aja, keeyboard paling biaya 300an sudah termasuk ongkos pasang

      Hapus
  31. makasih banyakkkk,... tdnya udh panikkkk bgt... soalnya nie udh pernah ganti mainboard and keyboardgara2 ada bunyi teetttt trus keyboardnya ga berfungsi... di kirain rusak lg.. hehehee... cuman spasinya nh hrus agk teken susah dikit... heheee
    makasih infonya..

    BalasHapus
  32. terimaasih boss atas infonya.....

    BalasHapus
  33. thanks banget postinganya bermanfaat..
    :)

    BalasHapus
  34. Hampir saja jantungku copot...
    Tadi panik banget gw...
    akhirnya bisa juga keyboardku
    Makasih ilmunya, sangat bermanfaat sekali..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kiki, Pulanggeni, Irham, Dedik... mkasih kmbali

      Hapus
  35. bang kalo laptop saya keyboard nya di pencet i ga keluar hurup nya,,kalo ditahan fn. sama hurup i bisa keluar,kalo numlock idup hurup i nya jadi 5 , gimana solusinya bang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo fn ditahan dan tekan huruf i, keluar huruf i berarti fungsi numeric ato numlock aktif. jadi kalo ditekan i saja tanpa tombol fn harusnya keluar angka 5 nah itu dah betul. kayaknya gk da masalah tu.... coba lagi aja deh, bisa jadi nekan tombol i nya agak keras dikit.

      Hapus
  36. asus 1015px q tombol fn nya tidak bsa di nonaktifkan gan.. uda dipencet fn+NumLk tp tetep ga ada reaksi. mungkin gara2 NumLk nya juga gak bsa d pencet tu.. mohon bantuannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba tekan dan tahan tombol fn, lalu tekan tombol u, i o, j, k, l, m, kalau muncul angka 4, 5, 6, 1, 2, 3, 0, berarti normal. fungsi numeric gk aktif.
      Lalu tekan dan tahan tombol fn lalu tekan tombol numeric kemudian lepas kedua tombol tsb.
      Kini tekan tombol u, kalau keluar angka 4 berarti normal dengan fungsi numeric aktif.

      Hapus
  37. terima kasih kang mas bro..tombol laptop saya kembali normal

    BalasHapus
  38. makasih broo.,ternyata simple aj.,
    mantap gan.,

    BalasHapus
  39. terimakasih mas Wahid.., informasi sangnat membantu saya.
    Sekarang tombol keyboarg Netbook saya kembali Normal lagi, sekali lagi terimaksih. . . .

    BalasHapus
  40. kalo tombol spasinya yang error gmana? kadang2 bisa kadang2 gak bisa.. mesti diteken banget tombol spasinya.. rada keras tombolnya..gmana yaa? apa saya harus ke service center asus? mhon pencerahanyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi banyak debu yg msuk, bongkar bersihkan, tapi riskan kan? coba jemur laptop Anda di panas matahari dalam kondisi keyboard terbuka, biarkan beberapa saat 5-10 menit.

      Hapus
  41. kalo keyboard saya ,tiba2 gak fungsi trus saya diemin selama seminggu dan bisa lg. Tp pas ngetik keyboard eror lg, saya coba cara mas wahid dgn tekan fn ternyata bs tp msh ada yg ga bs, kyk tmbol f5 untk refresh ga bs . Mhon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, seminggu hrs menunggu jadi nyebelin tuh. Windowx pa msh jalan normal? Bisa jadi laptop berjamur. Jadi coba aja jemur di panas matahari 5-10 menit atau lebih dari itu. Gunakan keyboard eksternal, klau normal berarti keyboar laptop error, mau gk mau ya mesti ganti, daripada menunggu seminggu dan msh error lgi...

      Hapus
  42. thanks brooo laptop ane normal lagi....

    BalasHapus
  43. Pak bos aku nda sempet baca komentar diatas karena updatetan pak bos yahuud jadi banyak yang naksir, aku mau nanya cara aktifin fungsi fn di laptop asus gmana ya? sebelumnya aku pakai w7, pas aku ganti w8 malah jadi of fungsi fn nya. terima kasih pak bos wasalam.

    BalasHapus
  44. mestinya pke w8 tetap normal, coba install ulang. pilihan lain coba pake 2 windows dlm 1 laptop. laptopku sih pake win xp dan w7. klau pas pake xp bluethooth gk jln tapi pas pake w7 bisa, begitu juga wireless connectx. Cara bikin 2 OS dlm 1 laptop/pc udah q posting diblog ini juga.

    BalasHapus
  45. thx bgt infonya gaaannn,,,
    beergunaaaaa banget,,,
    pas bgt sama yang anne alamin gan,,,
    TOP BGT deeeeeeccchhh...

    BalasHapus
  46. terimakasih atas pencerahannya :D

    BalasHapus
  47. bos mau tanya klo di laptopq sich hruf yang keluar itu garis miring ,seisal hruf T tiu juga keluar garis miringnya ,dan hruf N,M,B,V. itu giman bos cara untuk mngatasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba pake program lain seperti wordpad, corel, kalau masih sama aja, coba install lagi windowsnya, kalau masih tetap aja, berarti mesti ganti keyboard, atau coba aja jemur 5-10 menit mungkin keyboard berjamur atau kotor.

      Hapus
  48. om.. notebook saya kalo di pencet huruf "l" keluarnya huruf "lpkyx", huruf "o" jadi "o[iuz", angka "9" jadi "\9-75", kenapa ya....???apa solusinya??? mohon di bantu..
    Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba gunakan keyboard eksternal, kalau normal berarti ada masalah dengan keyboard notebook anda, jadi ya mesti gantilah, sekarang harga keyboard cenderung turun. kalau pake keyboard eksternal kok sama saja berarti ada masalah dengan windows, ya install ulang aja.

      Hapus
  49. maksih bang atas pencerahannya,,,,,

    BalasHapus
  50. sangat membantu sekali,,, akhirnya kembali normal keyboard laptop ane...

    BalasHapus
  51. Mantaps gan artikelnya, semoga bisa membantu yang lain dan berkah buat semua.... kunjungi juga artikel yang sama => http://www.praptowaluyo.com/alternatif-keyboard-laptop/

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok, Betul mas, hanya penggunaan keyboard on screen sedikit merepotkan dan mengurangi kapasitas screen, mestinya digunakan untuk sementara saja. harus segera dicari solusi lain bisa pake keyboard eksternal, install ulang atau ganti keyboard.

      Hapus
  52. Terima Kasih mas atas tutorialnya. Sangat membantu.

    sekali-sekali maen-maen ke blog saya y mas di www.theyuannews.com, www.nusantaraloker.com, dan http://newbitekno.blogspot.com/. Terima kasih.

    BalasHapus
  53. terima kasih akrnya bs jg kembali ke smla :)

    BalasHapus
  54. mas tolong bantu ane? keyboard ane gak bisa dipencet...tombol nmlck gak ngruh tetep sama saja?
    jadi gimana solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sementara gunakan keyboard eksternal, klau ok berarti keyboard internal anda oerlu diganti.

      Hapus
  55. mas gmn cra ngtsin keyboar ngetik hruf p trus..cth:pppppppppppppppppppppppppp

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu berarti tombol tersebut terlalu tertekan.keyboard laptop sangat rentan, karena itu tekan pelan-pelan, kalau mau mengetik dalam jumlah banyak, mending pake keyboard eksternal aja.
      coba bersihkan keyboard kalo gk mau resiko ya bawa ke tmp service

      Hapus
  56. makasih gan..sangat membantu... ^_^

    BalasHapus
  57. mas bro, ini ada yg aneh di netbook asus adekku
    ada beberapa fungsi yg berubah, ada yg ga jalan apa2 klo dipencet
    enter aja ga ada fungsinya
    jadi ga bisa masuk ke bios ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba pakai keyboard eksternal yg usb tentu saja biar bisa nancap di laptop, kalau ternyata semua tombol normal, berarti ada eror dikeyboard laptopnya. keyboard laptop memang rentan harus pelan dan lunak memenjetnya, beda dengan keyboard pc. jadi kalau mau mengetik banyak dg kecepatan tinggi dan penekanan yang cukup keras sebaiknya gunakan keyboard eksternal aja. kayaknya keyboard laptop Anda ada kerusakan secara hardware, solusinya mesti ganti keyboard.

      Hapus
  58. thank you, ini sangat membantu sekali :)

    BalasHapus
  59. Mas brow mau tanya kalo buka inet lama bngt truz herhenti tiba'' kluar lg ke tampilan awal itu apanya?? Ap windos bermasalah?
    Tombol i juga kalo di pencet kluar anka 5 melulu. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya gitu...coba install ulang, format aja drive c.

      Hapus
  60. thank ya info nya...
    tadi hampir panik....

    BalasHapus
  61. alhamdulillah makasih banget mas, saya kena kasus yg huruf u jadi angka 4 berbulan2, aq bawa ke teknisi malah diganto OS nya, g taunya benerinnya sepele ya, gitu doang.... makasih bangeeeet.....

    BalasHapus
  62. Omm.. keyboard ane klo di pencet
    Huruf C yang keluar malah CX
    Huruf D yang keluar malah DS
    Huruf E yang keluar malah EW
    Angka 3 yang keluar malah 32

    misalkan saya ketik: Cantik Dimana Engkau__malah yang keluar kaya gini( CXantik DSimana EWngkau )
    begitu juga nomornya saya ketik urutan 1-0 : 1234567890___Malah keluar kayak gini( 12324567890 )

    gimana dong om solusinya
    tolongin ane y om
    soalnye tugas ane banyak betul ..
    tolong ye omm..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jdi windowsnya erorr, tapi cek dulu dg beli keyboard usb, paling harganya 30rb an. gunakan keyboard tsb, kalau masih keluar sama berarti windows anda ada masalah, ya install ulang aja. tapi kalau ternyata normal aja, berarti keyboard bawaan laptop erorr, ya meski ganti keyboard. atatu coba bawa ke srvice dulu, mungkin msh ada solusi lain biar`dicoba bongkar` dulu keyboardnya. kalau gak bisa juga ya harus ganti keyboard, paling harga 300rb an, ya lumayan lah bikin kantong kempes.

      Hapus
  63. makasih sangat mem bantu ku postingan anda

    BalasHapus
  64. kenapa keyBoard ku yang huruf B diketik yang keluar kayak gini ;;;;;;;;;;;;; hihihihi gimana ya ngatasinya.....makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba pakai keyboard pc yang usb, kalau tetap keluar huruf tersebut berarti cuma windows yang eror, bisa install ulang, tetapi kalau normal berarti keyboard laptop ada yang eror. solusi termudah ya ganti keyboard. Kalau ada yg bisa bongkar, ya bongkar dulu aja, bersihkan mungkin ada debu, jemur dipanas matahari beberapa saat.

      Hapus
  65. ya gan memang sering kembali lagi errornya heheh
    tapi saran saya ke user biasanya pakai software jadi bisa perbaiki sendiri kalau memang tak betah dengan error yang ada saya sarankan ganti apa itu salah gan

    mampir di http://bongkardong.blogspot.com untuk ilmu tentang laptop

    BalasHapus
  66. ok.. btl gitu, ntar q akan liat blogx... slm.

    BalasHapus
  67. terima kasih banyak tretan....berguna banget

    BalasHapus
  68. Kalo sy punya laptop jika ditekan R saja muncul Run, tekan F keluar Find, huruf D juga gitu. sy coba pake external keyboard USB tetap saja. knapa ini ya om ?

    BalasHapus
  69. Gan...punnya saya tombol "shift" nekan terus...padahal keyboard udah Saya lepas...
    kira-kira kenapa Gan??
    solusinya gimana??

    Thanks

    BalasHapus
  70. laptop saya lebih aneh lagi... ketik b keluar tulisan batman, ketik s keluar superman tapi yang lain normal. gimana tuh solusinya....???

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu outo correct di microsoft word, ya dihapus gunakan fasilitas autocorrect , tekan tombol Alt+T lalu tekan tombol a, ketikkan kata b akan keluar autocorrect batman atau tekan s akan keluar autocorrect superman, hapus aja keduanya dg klik pilihan delete. entar kalau belum jelas q bikinkan blog yg membahas autocorrect.
      fasilitas ini sebenarnya digunakan untuk menyingkat, misalnya cukup ketik dg akan keluar dengan dst.

      Hapus
  71. Terima Kasih Banyak Kang semoga dibalas oleh yang Maha Kuasa Aamiin Ya Robbal Alamin

    BalasHapus
  72. Ada cara lain bang, buka On-Screen Keyboard trus matikan NumLock nya (kalau gak ketemu numlock, cari options > turn on numeric keypad)

    BalasHapus
  73. kalo keyboard saya jadi:
    navigasi atas jadi tombol 8
    navigasi kiri jadi tombol u
    navigasi kanan jadi tombol o
    navigasi bawah jadi tombol k
    dll.

    kaya yg kepencet fungsi apa gtu gan,
    mohon bantuannya, udah frustasi keliling blog kesana kemari :'(

    BalasHapus
  74. mau tanya
    keyboard aq rusak di tombol esc
    saat aq coba pake keyboad external = tombol esc
    masih tidak bisa
    padahal aq coba di pc keyboad external gpp
    udah aq ganti" driver keyboardnya = masih tidak bisa
    tapi pada masuk bios = tombol esc nya berfungsi
    aq pake laptop samsung
    tolong pencerahannya :D

    BalasHapus
  75. ssaaya kok masih g bisa ? bila saaayya tekan a mmalah menjadi 2a bila saya mengetik anngka 2 hasilnya juga 2a saaya mengetik ini dengan bantuan On -Screen Keyboaard jika saya menggeetiik m malah enjadi lm tolong bantu saya ya!

    BalasHapus
  76. saya mau nanya nih kenapa kalo laptop saya baru dinyalain kok gak bisa langsung ngetik. harus di tekan tombol shift dulu yang lama.baru bisa ngetik tolong bantuannya :)

    BalasHapus
  77. saya tanya. saya masang keyboard ekternal, niatnya mau pake numerik biar gampang. eh ketika dipasang numeriknya ga mau aktif padahal numlock nya udah nyala. kira2 masalahnya ada di mana ya? terima kasih.

    BalasHapus
  78. terimah kasih bnyak, tadi hampir gue panik,,, heheheh makasih...

    BalasHapus
  79. Eg,kalo punya sy,keyboard laptop ada bBrapa tmbol yg smaskali ga bsa d pencet,nah ,dah ganti pake external dEh,emg seh udah bner tmbolna,tapi kurSor-na kadang suka lari-lari sendiri,,,,nah kalo udah getU ,apa na yg salah doNg bAng?
    Eh,makasie dah mw share:)

    BalasHapus
  80. luar biasa bos! tadinya saya udah panik dengan masalah tombol keypad yang tertukar, alhamdulillah berkat ilmu dari bos kini masalah saya sudah bisa diatasi. tk's

    BalasHapus
  81. kalo kita ngetik '@' kok munculnya ( " ), gimana cara mengatasinya.. thankx

    BalasHapus
  82. kayboard laptop saya gak fungsi semua, itu gimana caranya ya gan??
    saya pakai Accer

    BalasHapus
  83. Syukron akhi... Sangat membantu sekali postingan ini.. Semoga diberikan pahala berlimpah.. Amiin yRa

    BalasHapus
  84. alhamdulillah udah bisa sekarang keyboard gw, soalnya gw pk keyboard eksternal buat gaming, eh pas di lepas keyboard eksternal, malah loncat2 hurufnya jd ke angka, tp pas baca artikel ini bisa lg hihihihi,,,,makasih ya mas :)

    BalasHapus
  85. alhamdulillah keyboard saya nomal kembali terima kasih ya!

    BalasHapus
  86. kok masih belum bisa mas laptop saya masih nge fn, terus tapi lau di tekan huruf K kan fn nya 2 tapi dua huruf itu tidak muncul kan di tombol arah" tuh kan ada membesarkan suara atau mengatur terang enggaknya laptop itu berfungsi meski gg di tekan gi mna caranya

    BalasHapus
  87. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  88. gan punya ane seperti ini
    waktu ane teken tombol m,n,l,k,j,p,o,i,u
    keluarnya huruf ;l.,;[,1,0,9,7,9,4
    itu kenapa ya gan?
    laptop ane asus gan
    ane blm coba pake keyboard portable

    BalasHapus
  89. man 'fn' tu maksudnya abjad 'f' sama 'n' ya,,,

    BalasHapus
  90. ALHAMDULILAH ya alloh,,,,, ada blog ini menjadi manfaat bgt buat ku,,,
    saya kira keyboard nya uda harus di ganti,,,

    BalasHapus
  91. wah thanks mas, sekarang laptop ku dah normal lagi. sebelumnya kalo di pencet u yg keluar angka 7 :D ternyata salah di fungsi numeriknya :)
    arigatou...

    BalasHapus
  92. makasih buuuuuwangeeeeettttttt oommm
    dah normal maning

    BalasHapus
  93. terimakasiih brooo,,.bermanfaat banget

    BalasHapus
  94. mas mohon solusi nya donkz,,
    tombol keybord saya kyk nya aktif numeric nya tp pas saya coba cara di atas tetap ajag gk bisa, malah gk aktif sama sekali tp pas di tekan fn tmbh numlk lg jd muncul nya angka, jd saya kalau ngetik harus smbil nekan fn, atau harus di sleep dlu, gmn dongss hiks hiks

    BalasHapus
  95. Kenapa Tika kita menekan satu tombol Yang keluar 2 huruf Mis kita tekan huruf x Yang keluar ,x kenapa bisa terjadi?

    BalasHapus
  96. jazakillah mas,,,sangat membantu...:)

    BalasHapus
  97. makasih banyak gan hampir aja ane kebingungan gara gara kayak ginian biasan newbie gan , thanks gan

    BalasHapus
  98. makasih semua, maaf gak sempat balas satu-satu, yang perlu dipahami, bahwa kerusakan komputer itu dpt digolongkan 2 yakni secara hardware dan secara software. Yang pertama berarti rusak secara fisik, ya perlu diganti alatnya, misalnya mouse, keyboard, memory dll. Kedua rusak secara nonfisik, cara mengatasi yang paling gampang ya install ulang windows dengan format hardisk terlebih dahulu, apabila setelah diformat dan diinstall ulang kok masih eror juga, maka kemungkinan besar kerusakan itu teradi secara fisik. mkasih.

    BalasHapus
  99. terimakasih, saya tercerahkan.. keyboardnya normal lagi mas

    BalasHapus
  100. kalo cursor ane kaga maen sma sekali gmna tuh keyword nya juga kga mau maen bisa nya di tekan
    tolong dong pencerahan nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba gunakan keyboard eksternal, install ulang windowsnya

      Hapus
  101. Mas..mo tnya.laptop sy axio neon,tombol ctrl aktif terus.pdhl tdk ditekan.jadinya kalo pencet hurup c jadinya ctrl c /copy.sy mohon bantuannya..please..!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba gunakan keyboard eksternal dulu, kalau masih kayak gitu berarti ada yg gk beres dg windowsnya, ya install ulang, kalau ok berarti ada yg gk beres dg keyboard laptop, ke servis dibuka keyboardnya...

      Hapus
  102. Mas say pake netbook hp. Saya udah buka ms.word tapi pas saya ngetik huruf huruf nya ga keluar. Gimana tuh ya?

    BalasHapus
  103. Thank ya wahid. akhirnya bagus lgi

    BalasHapus
  104. barusan saya abis colok keyboard eksternal ke lapie. dan setelahnya jadi error. sempet panik. untung ada mbah google :D
    thanks bro it's worked

    BalasHapus
  105. Mas mau tanya, keyboard notebook ane eror, pertama shift nya ga jalan, kedua tombol caps lock nya terbalik, ditekan jdi huruf kecil, tidak ditekan jadi huruf besar. Dan tombol angka jika nulis angka 1, 2, 3 dst munculnya ! @ # $ % dst, mohon solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba pake keyboard eksternal dulu, kalau normal artinya keyboard laptop perlu diganti, klau sama erornya berarti perlu diinstall ulang windowsnya

      Hapus
  106. Sapa pagi bang wahid..ngomong2 soal keyboard saya punya problem yg tdk klh pusing nih bang..keyboard bawaan notebook saya sama s'x tdk berfungsi lantaran mandi kopi, skrg tiap nyalain ada 2 pilihan (repair/win normally) sdgkan pan atas bawah tdk berfungsi. Alhasil tdk bisa pilih yg ''win normally''. Keyboard eksternal berfungsi stlh masuk hal dekstop.. gimana ya bang WAHID mengatasi hal yg demikian? Mohon share n pencerahannya.trims
    Slmt pagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dijemur dulu mas, masalahnya kalau kopi pasti da gulanya kan, ni agak susah. coba install ulang aja. gunakan lagi keyboard eksternal.

      Hapus
    2. Kejadian'y sdh beberapa bulan n sdh saya bongkar2 dlm'y(bersih2) nah wkt kabel keyb bawaan msh nempel disocket'y kadang suka pijit2 sndri wlw pun sdh pke keyb ekstrnal.skrg mlh bingung sdgkn ekstrnal aktf ketika sdh tampil logo windows, mau instal ulang masuk BIOS 'nya dr mana??? puyeng nih bang Wahid,..salam santun penuh harap

      Hapus
    3. sulit mas, setting bios kan biasanya F2, atau f8 tuk pilihan booting, klau keduanya gk jln sy gk punya solusi lagi, biasanya keyboard eks memang gk bisa. biasanya sistem kan mencari os otomatis, jadi tanpa msuk bios coba aja install. klau gk bisa jln akhir bwa ke service centernya. klau pilihan lebih baik beli baru, ya mungkin itu pilihn terbaik. yakin aja tuhan memberi jln itu, artinya pasti ada rizki tuk beli lagi entah baru atau seken, entah kredit atau cash. kata ulama rizqi tu tkkan kemana, sprti pepatah tk kan lari gunung dikejar. saya doakan smg segera ada solusi terbaik dg sabar dan mensyukuri apa yg telah terjadi. maaf solusinya gk bisa teknis tapi transendental, moga berkenan.

      Hapus
  107. Terima kasih banyak brother,,
    Sekarang udah befungsi normal,,

    BalasHapus
  108. thanks,, akhirnya.,. bisa juga., saya pikir ada yang salah pada pengaturan hurufnya

    BalasHapus
  109. problem saya adl hrf u jd 4 dkk. tp mslhnya sy sdh cb matikan numlk tp gagal. sprtnya tombol numlk sy di F11 ga berfungsi. sy pengguna notebook acer .
    mohon bantuannya. sy capek pk onscreen keyboard;(((

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahaha gjd d.. udh bs diatur di on-screennya. maaf numpang komen hehe

      Hapus
  110. blom bisa mas saya ketuker tombol @ sma " blom bisa balek kya dulu gmana mas udah sya coba berkali2 tpi tetep gk bisa.................mohon pencerahanya

    BalasHapus
  111. sya pake TOSHIBA Satellite C 840 di keyboard tombol Numeric nya bertuliskan INS ya? mohon pencerahanya

    BalasHapus
  112. tombol numeric seringkali ditulis num atau berupa simbol/gambar keypard. jadi kayak kotak didalamnya ada titik-titik berjajar rapi. di laptop q sih tombol numeric berupa simbol jadi sati dengan tombol F11.

    BalasHapus
  113. Gan,, kmaren air tumpah d.laptop ane,, awal.y sih gk papa, trus skarang bnyk tombol yg gak berfungsi,, dan ada tombol "w" pndah k.tombol prt sc sysrq.. knpa yaa ?

    BalasHapus
  114. sebenanya laptop jangan dihidupkan dulu, mtikn dan jemur hingga bena-benar kering,

    BalasHapus
  115. Bang Keyboard saya gk bsa mencet tobol bawah 1 kali bsanya di tekan gmna tuh cranya ?

    BalasHapus
  116. kalau tombol fn'y gak b'rfungsi gmana?

    BalasHapus
  117. wkwkwkwkwkkwkwkwkwkwwk thnxs yaa....om....ane sempet mau ganti keyboard....hahahahahahahaha,,,,,ternyata pake cara ente berhasil...thnxs ya

    BalasHapus
  118. @ di leptop saya nga ada kenapa yah

    BalasHapus
  119. sorry bang...
    kalo yang rusak keyboard pc gimana?
    contohnya kalo di pencet shift keluarnya garis miring "/" dan kalo di pencet garis miring "/" keluarnya malah 2 garis miring "\ /" ?

    by hafizh di jatim

    BalasHapus