Selasa, 08 Januari 2013

Dua Sistem Operasi dalam Satu PC/Laptop


MENGGUNAKAN 2 SISTEM OPERASI  DALAM 1 PC ATAU LAPTOP
Meskipun Windows 8 sekarang sudah di release dan digemborkan sebagai sistem operasi yang bakal ngetop. Namun masih banyak para pengguna yang masih tidak bisa meninggalkan Windows 7 atau Windows XP. Dipercaya atau tidak Windows XP sampai saat ini masih banyak digunakan oleh pengguna pc atau laptop karena sistem operasi Windows XP dikenal tidak boros memori, kestabilan tinggi, ringan, dan dijamin tidak akan lemot meskipun berjalan dengan memori eksternal yang minim yakni 250MG atau dibawahnya. Oleh sebab itu, tidak mengherankan bila masih banyak warnet yang menggunakan Windows XP sebagai sistem operasinya. Komputer dengan memori 1gb ke bawah akan lebih baik bila menggunakan Windows XP.
Kalau Anda ingin menjadikan PC atau Laptop Anda memiliki 2 sistem operasi, misalnya Windows XP dan Windows 7, maka ikuti langkah berikut ini:
1.  Install terlebih dahulu Windows XP, kalau yakin tidak ada data yang penting  di hardisk, lebih baik format saja. (Jangan lupa hardisk harus sudah dipartisi 2 atau lebih). Kalau Anda menggunakan explore dan hardisk Anda ada C, D, E misalnya berarti ada tiga partisi). Melalui CD installer Windows XP, Anda bisa mempartisi ulang hardisk. Anggap saja Anda tidak perlu melakukan pemartisian ulang, lanjutkan saja langkah berikut.
Saat menginstall, gunakan cd yang baik dan bersih dari virus, pastikan reboot awal dari cdroom. Agar yakin,  setelah tombol power ditekan, tekan satu atau dua kali tombol Del pada PC atau tombol F2 pada laptop.  Cari menu boot order lalu pilihlah cd room sebagai urutan pertama. Pengubahan  urutan ini biasanya menggunakan tombol F5 atau F6 atau juga tombol + dan tombol -. Simpan perubahan tersebut., dan computer akan melakukan reboot.
2. Sebelum melakukan penyimpanan bios (langkah 1 di atas) sebaiknya masukkan terlebih dahulu cd intaller windows xp. Nah, selamat menginstall semoga sukses.
3. Kalau sudah selesai, install dulu perangkat driver seperti chipset, vga, audio dll. Kalau sudah masukkan cd installer windows 7.
4. Biasanya autorun, kalau tidak buka cd room dengan explore. Double klik pada file setup yang bertipe application. Nah, ikuti instruksinya.
Nah, kini Anda sudah punya dua system operasi dalam satu pc atau laptop. Selamat mencoba. Apabila ada kegagalan bisa sharing.  
Ingat! Anda harus menginstall program di masing-masing system operasi. Misalnya Anda menghendaki bias membuka Office 2007 di windows xp maupun windows 7, maka lakukan instalasi office 2007 tersebut di masing-masing system operasi.
Oh ya, apabila sukses maka pada saat reboot pertama kali computer selalu menampilkan dua pilihan system operasi . anda tinggal memilih dengan menggunakan tombol anak panah system operasi mana yang hendak dipakai.

4 komentar:

  1. mantab ulasannya pak wahid
    apa kabar?makin mantab aza pak wahid ini
    sukses sll pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. kbr baik... mg qt sllu dlm ridhoNya. Amin.

      Hapus
  2. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes sm2... kalau mau bisa kok satu laptop dg 2 atau 3 OS sekaligus.

      Hapus